Skip to main content

PIE SUSU

Assalamu'alaykum warahmatullah.

Akhirnya bisa absen lagi di blog masak2 yang sudah lama tidak terjamah oleh si empunya. Bukan berarti gak pernah ke dapur atau gak pernah masak ya...Alhamdulillah lagi sibuk mengerjakan beberqapa pesanan tas. Nah lebih sering nulis di blog yang craft things daripada blog masak ini.

Tetep ya, sense of baking masih menguasai diriku cie...
Kemarin bikin Pai Susu untuk orderan dari sekolah TK Azzam, Ibnu Hajar buat acara Pentas Seni Sabtu ini.

Seneng lihat2 video Nikmatul Rosidah di FB, orang Indo yang tinggal di Hongkong.
Nah, resep pie susu ini nyadur dari mba Nikmatul.

Saat Didinginkan di Tray pendingin 

  
Setelah dikemas
 
Bentuk kurang sempurna tapi rasa lumayan lah.. 
Pake bala bantuan dari anak-anak. Akbar (kelas IX) dan Aisha (kelas V), oooiya..bapaknya anak-anak juga ikut bantuin. Makasih yaa..sayang.

Ini ku share resepnya yah..

Bahan Kulit:
300 gr tepung terigu, Kunci biru, ayak
25 gr gula halus (gula donat)
150 gr butter
1 butir telur
1/4 sdt vanilla

Bahan Filling:
140 ml air, panaskan
120 gr gula pasir
3 butir telur
200 ml susu evaporated, F&N, UHT atau SKM
1/4 sdt vanilla

Cara membuat kulit:
Campur tepung terigu, gula halus dan vanila, ayak. Masukkan butter ke dalam campuran tepung, aduk dengan menggunakan garpu sampai berbetuk butir2an. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas (pakai garpu aja ngocoknya). Uleni sampai berbentuk adonan yang mudah dibentuk.

Cara membuat filling:
Larutkan gula dalam air panas, tunggu sampai dingin. Kocok telur, masukkan vanilla campur. bila larutan gula sudah dingin masukkan telur ke dalamnya dengan di saring. Masukkan susu ke dalam campuran telur. Aduk. Saring lagi. Filling siap digunakan.

Panaskan oven 150 derajat Celcius, api atas bawah. Posisi tray di tengah.
Cetak adonan kulit ke cetakan pie kecil. masukkan filling. Gunakan gelas ukur untuk memudahkan. Jangan terlalu penuh memasukkan filling. Masukkan ke dalam oven. Bila bagian filling sudah terlihat firm, angkat. Memanggangnya sekitar 20 menit. Tergantung jenis ovennya juga. Aku pake oven listrik. Keluarkan dr oven taruh di tray pendingin. Biarkan hingga dingin baru dikelurkan dari cetakan. Lebih mudah dikeluarkan bila dingin.

Resep ini kalau aku dapat 25-an biji deh, tapi tergantung maunya tebel seberapa. Kalau mba Nikmatul 1 resep ini dijadiin 21 biji pie.

Selamat Mencoba ^_^

 

Comments

Popular posts from this blog

Brownies Panggang

Mari memulai kembali Blog Masak yang sudah lama tidak aktif ini... Brownies Panggang adalah salah satu kesukaan keluarga kami. Resepnya yang tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya juga cukup sering tersedia di rumah. Tricky dari brownies panggang adalah saat memanggangnya, apalagi kalau pakai oven gas. Jadi harus benar-benar diawasi agar tidak burning hahaha 😁 Bahan-bahan: 2 bh telur 125 gr dark cooking coklat 50 gr margarin 40 ml minyak goreng 100 gr tepung terigu 150 gr gula halus 30 gr coklat bubuk Choco chip sesukanya 😁 Topping: almond slice, biskuit Lotus, Milo cube (pakai oreo juga boleh) Cara Membuat: - Lelehkan margarin, DCC dan minyak goreng dengan cara di tim. Sisihkan. - Kocok telur hingga berbusa, saya pakai wisk. - Masukkan gula halus, kocok hingga gula larut. - Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata dengan spatula - Masukkan DCC dan margarin yang sudah meleleh. Adonan ini akan terasa berat. - Masukkan choco chip, aduk rata. - Saya menggunakan loyang brownie

Roasted Chicken with Creamy Mushroom Sauce

Udah hari minggu aja.. Hari ini pagi-pagi buta udah bangun, jam 2.30 bangun, karena anak lanang mau terbang ke Malaysia, pesawat jam 8.00 tapi mau berangkat agak pagian biar ga buru-buru. Pagi-pagi siapin gyoza dulu buat sarapan sebelum berangkat, trus bawain brownies buat iseng-iseng di pesawat.  Berangkat jam 4.30 setelah sholat subuh. Perjalan kurang lebih 1 jam. Sampai bandara Soekarno Hatta jam 5.30. Udah lama ga ke bandara udah bagus aja ya, apalagi terminal 3 sekarang udah jadi terminal keberangkatan/kedatangan Internasional. Jadi agak norak sikit lah...😁 Terakhir ke bandara sebelum pandemic, waktu itu ngurusin PMB ke Medan. Setelah itu udah ga pernah naik pesawat lagi, makanya sempat kaget juga lihat bandara yg udah kece sekarang. Titi DJ ya bang...😘 Sebenarnya ayam sama kentangnya udah di marinasi dari hari sabtu, dan udah masuk ke kulkas, wortel sam brokolinya juga udh di rebus. Jadi hari ini tinggal di panggang aja. Oke, ini dia resepnya.. Bahan-bahan: Ayam fillet (lupa be